Monday 12 January 2009

Makna Baru Perubahan Pendidikan (The New Meaning of Education Change)

Setelah Pengantar, buku Fullan, Michael G. dan Stiegelbauer, Suzanne (1991), 2nd, The New Meaning of Education Change, Teacher College Press, N.Y. membahas makna baru perubahan pendidikan dalam tiga bagian, yang masing-masing terdiri atas enam bab, kecuali bagian dua yang hanya terdiri dari empat bab. Judul ketiga bagian tersebut adalah (I) Memahami Perubahan Pendidikan, (II) Perubahan Pendidikan pada Tingkat Lokal dan (III) Perubahan Pendidikan pada Tingkat Regional dan Nasional. Adapun judu-judul keenambelas bab adalah sebagai berikut: (1) Tujuan dan Sistematika Buku, (2) Sumber-Sumber Perubahan Pendidikan, (3) Makna Perubahan Pendidikan, (4) Sebab dan Proses Inisiasi, (5) Sebab/Proses Implementasi dan Kontinuasi, (6) Merencanakan, Melaksanakan dan Menanganai Perubahan, (7) Guru, (8) Kepala Sekolah, (9) Siswa, (10) Administratur Distrik, (11) Konsultan, (12) Orang Tua dan Komunitas, (13) Pemerintah, (14) Persiapan peofesional Guru, (15) Pengembangan Profesional Pendidik dan (16) Masa Depan Perubahan Pendidikan. Berikut adalah substansi tiap bab dimaksud.

Bab 1 membahas tujuan dan sistematika buku. Bab 2 menyajikan tiga sumber perubahan pendidikan adalah: (a) bencana alam, (b) pengaruh faktor luar dan (c) kontradiksi internal. Tipologi perubahan pendidikan disajikan dalam gambar berikut.

picture11

Dikatakan bahwa perubahan pendidikan pada tahun 1960-an dan reformasi berbasis kompetensi 1980-an yang mencoba ‘to legislate learning’ adalah tipe IV. Selanjutnya, dicatat opportunisme dalam perubahan pendidikan ‘sebagai ”cara murah”untuk menyelesaikan tekanan birokratis atau politis…agar distrik nampak up-to-date dan progresif di mata masyarakat atau untuk “melakukan sesuatu” untuk suatu kelompok tertentu’ (Berman dan McLaughlin, 1978). Atau, inovasi masih dilihat sebagai alat sekelompok orang untuk mengontrol kehidupan orang lain dan anak-anaknya menurut konsepsinya sendiri (Whiteside, 1978). Inovasi gagal menyentuh hal pokok yang dituju perubahan pendidikan: ‘Buat apa pendidikan sebenarnya? Manusia dan masyarakat seperti apa yang diinginkan? Metode dan organisasi kelas serta bahan ajar apa yang diperlukan? Pengetahuan mana yang paling berharga? (Silberman, 1970). Perubahan pendidikan menyentuh hanya perubahan tingkat pertama, yaitu: perubahan untuk memperbaiki efisiensi dan efektivitas aktivitas yang dilakukan sekarang tanpa ‘mengubah fitur organisasional dasar, tanpa mengubah secara substantif cara siswa dan pendidikan menjalankan peran mereka’ (Cuban 1988). Perubahan tingkat kedua –di mana cara fundamental seperti tujuan,struktur dan peran baru diubah menjadi, misal, berorientasi pada kultur kerja kolaboratif- tidak tersentuh: menurut peribahasa Cina, ‘bahan berubah, tapi supnya tetap sama’ .

Bab 3 membahas makna perubahan secara umum, subjektif dan objektif serta implikasinya. Dalam makna secara umum ditemukan bahwa ‘tiap upaya untuk pre-emprif konflik, argumen atau protes dengan perencanaan rasional… seberapa rasionalnya pun … tetap harus memberi waktu untuk impuls penolakan. Reformer telah mengasimilasi perubahan …mungkin berbulan-bulan atau bertahun-tahun… Jika mereka mengingkari orang lain kesempatan waktu setara, mereka pada dasarnya memperlakukan orang lain seperti boneka yang dapat diatur sesuai kehendaknya (Marris, 1975). Dalam makna subjektif ditemukan, tekanan kelas bagi guru ‘tekanan segera dan kongkrit, sekitar 200.000 pertemuan per tahunnya; tekanan multidimensionalitas dan simultanitas; adaptasi kondisi selalu berubah atau unpredictability dan tekanan untuk terlibat dengan siswa’ (Huberman, 1983; Crandall et. al., 1982). Inovasi adalah acts of faith. Mereka harus percaya inovasi akan berhasil dan berguna, meski hasil segera tidak terlihat (House, 1974). Dalam makna objektif dinyatakan tiga komponen program atau kebijakan: (a) materi baru atau revisi, (b) pendekatan pembelajaran dan (c) kepercayaan (misal, asumsi dan teori yang melandasi suatu program atau kebijakan). Tentang implikasi perubahan pendidikan dikatakan ada enam aspek yang dapat diamati (a) the soundness dari perubahan yang diusulkan, (b) memahami kegagalan perubahan yang direncanakan dengan baik, (c) petunjuk untuk memahami hakekat dan feasibilitas suatu perubahan, (d) realitas status-quo, (e) kedalaman perubahan dan (e) pertanyaan tentang penilaian.

Bab 4 mencatat bahwa tekanan untuk perubahan menurun saat adopsi yang diikuti dengan implementasi (Berman dan mcLaughlin, 1979). Model perubahan mempunyai empat komponen (a) inisiasi, mobilisasi atau adopsi, (b) implementasi (biasanya 2-3 tahun pertama sejak adopsi), (c) kontinuasi, inkorporasi, rutinisasi atau institusionalisasi dan (d) outcome. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi inisiasi adalah (a) keberadaan dan kualitas inovasi, (b) akses pada informasi, (c) advokasi dari atas(an), (d) advokasi guru, (e) agen perubah eksternal, (f) tekanan, dukungan atau apati masyarakat, (g) sumber dana: lokal, negara bagian atau federal, (h) orientasi birokratis dan pemecahan masalah. Akhirnya, konsiderasi dalam perencanaan untuk adopsi paling baik jika mengkombinasikan 3R: (a) Relevansi: dilihat dari praktikalitas dan kebutuhan, (b) Readiness: tergantung pada kapasitas dan kebutuhan dan (c) Resources/ ketersediaan dukungan.

Bab 5 menyajikan tiga kategori faktor dalam proses implementasi (1) karakteristik proyek inovasi atau perubahan: kebutuhan, kejelasan, kompleksitas dan kualitas/ praktikalitas, (2) Karakteristik atau peranan lokal: distrik, komunitas, kepala sekolah, guru, dan (3) faktor eksternal: pemerintah dan agensi lainnya.Tema-tema dalam proses implementasi adalah (a) membangun visi, (b) perencanaan evolusioner, (c) pengambilan inisiatif dan pemberdayaan, (d) pengembangan staf dan asistensi sumber daya, (e) monitoring/pemecahan masalah Peters (1987) dan (f) restrukturisasi. Selanjutnya, ada empat tilikan tidak predictable yang ternyata penting dalam proses implementasi: (a) inisiasi dan partisipasi aktif, starting small and thinking big, bias untuk tindakan dan belajar sambil bekerja, (b) tekanan dan dukungan, (c) perubahan perilaku dan kepercayaan dan (d) masalah kepemilikan perubahan pendidikan.

Dalam Bab 6 disajikan alasan mengapa perencanaan perubahan gagal: asumsi dan cara berpikir keliru tentang perubahan, diantaranya, ‘melompat’ dari rencana pribadi ke implementasi publik (Lighthall, 1973), kekuasaan legal atau organisasional diandalkan sebagai motor perubahan (Sarason, 1971) dan fallacy rasionalisme: dunia social ingin diubah dengan argumen rasional. Alasan lain mengapa perencanaan gagal ialah menangani masalah tidak terpecahkan, karena beda nilai yang dianut dan kesempurnaan teknis serta tidak memperhitungkan faktor yang berpengaruh. Untuk sukses menurut harry Truman dan Pierre Trudeau ‘we need more one armed economist…[when frustrated by the advice] on the one hand … on the other hand’. Niat baik dan gagasan baik adalah perlu tapi tidak cukup untuk tindakan yang konsisten (Sarason, 1990). Kiat lain ialah (a) ‘sedikit kekaburan mungkin esensial agar kebijakan dapat diterima…mungkin lebih efektif dalam waktu pendek untuk berkonsentrasi pada legislasi baru’, dan (b) menggunakan pendekatan developmental: mulai dari hal yang paling mungkin terus berkembang ke hal-hal lain (Sarason, 1971).

Bab 7 sampai dengan bab 12 -(7) Guru, (8) Kepala Sekolah, (9) Siswa, (10) Administratur Distrik, (11) Konsultan, (12) Orang Tua dan Komunitas- masuk ke dalam bagian II, yaitu bagian yang membahas perubahan pendidikan pada tingkat lokal. Bab 7 membahas kenyataan bahwa perubahan pendidikan tergantung pada yang dilakukan dan dipikirkan guru: persoalannya sesederhana dan sekompleks itu (Sarason, 1971) dan jika program berhasil, guru dilupakan; tapi jika gagal, guru disalahkan. Suatu faktor efektivitas kelas dan sekolah adalah kualitas guru. Sebagai indikator kualitas, dari sampel guru di Ontario, Kanada, Rees dkk. (1989) menemukan bahwa 71% guru wanita dan 64% guru laki-laki di SD menyatakan guru sebagai pilihan pertama untuk berkarir; sementara itu, 56% guru wanita dan 37% guru laki-laki di SL menyatakan guru sebagai pilihan pertama untuk berkarir. Dalam tiga dari empat kelompok guru tersebut, satu dari lima guru memikirkan untuk tidak jadi guru lagi dan satu dari lima guru laki-laki SL mempertimbangkan untuk tidak jadi guru lagi. Beberapa kesulitan guru adalah (a) beban kerja multi-dimensi (Sarason, 1982; h. 126), (b) lebih peduli pada identitas diri bukan pada kebersamaan dalam suatu komunitas… tidak dilibatkan dalam persoalan yang menyangkut sekolah umumnya (Goodlad, 1984; h. 123), (c) transfer informasi sesama guru cenderung personal, bukan profesional (House dan Lapan, 1978; h. 122); dan (d) perlu keluar dari ‘tugas’ tradisional untuk menyatakan kepemimpinannya (Barth, 1990; h 141). Model sekolah yang ‘ideal’ adalah sebagai berikut.

picture22

Bab 8 mencatat beberapa hal tentang kepala sekolah sebagai berikut:

  • Jumlah tugas kepala sekolah lanjutan sebanyak rata-rata 149 tugas per hari. 59% diantaranya diinterupsi, 84% diantaranya berlangsung antara 1-4 menit, dan 17% berkaitan dengan pengajaran (Martin dan Willower, 1981). Studi pada periode 1910 sampai 1980-an menunjukkan ‘meskipun gaya kepemimpinan beda, peran manajerial, bukan kepemimpinan pembelajaran, mendominasi kepala sekolah (Cuban, 1988: 84).
  • Smith dan Andrews (1989) mendukung temuan Louis dan Miles (1990): tidak ada dikotomi waktu untuk manajerial, operasi dan relasi distrik (34% vs 39%) dan perbaikan program instruksional (41% vs 27%).
  • Studi Interaksi Kepala Sekolah-Guru (PTI) menunjukkan selama periode 3 tahun ada 1855 intervensi pada kepala sekolah yang berkenaan dengan masalah organisasi (36%), konsultasi dan penguatan (24%), monitoring dan evaluasi (22%), pelatihan dan informasi (7%) dan lain-lain (11%)…Kepala sekolah sebagai fasilitator perubahan berkorelasi 0.76 dengan kesuksesan seluruhnya; sekolah dengan gaya inisiator paling sukses, diikuti oleh kepala sekolah gaya manajerial dan kepala sekolah gaya perespon (Hall & Hord, 1987).
  • Studi pada 137 kepala dan wakil kepala sekolah menunjukkan selama 5 tahun terakhir tuntutan tugas makin tinggi sementara keyakinan akan efektivitasnya makin menurun (Educon, 1984). Kurang dari 10% kepala sekolah yang termasuk ke dalam ‘pemecah-masalah sistematik’ (level tertinggi dari empat level efektivitas) (Leithwood dan Montgomery, 1986).
  • Studi pada 2500 guru dan 1200 kepala sekolah, menunjukkan kepala sekolah terlibat dalam empat interaksi strategis dengan guru: (a) penyedia sumber daya, (b) sumber daya pembelajaran, (c) komunikator dan (d) ‘hanya untuk penampilan’. Rating positif dari guru terhadap pemimpin kuat, rata-rata dan lemah masing-masing sebanyak 90%, 52% dan 33% (Smith dan Andrews, 1989). Porporsi kepala sekolah wanita di SD maupun di SL cenderung rendah: 20-50% dan 5-20% (Marshall dkk., 1989; Mertz,dkk., 1989; Schneider, 1988); 5, 14, 23% dan 36, 42, 47 % (studi 44 sekolah besar tahun 1972,1982 dan 1986); 19% dan 4% (Wisconsin, 1986-87, Schneider, 1988); 25% dan 8% (statistik nasional, Marshall dkk., 1989);18% dan 11% (Ontario, 1990).

Bab 9 diawali dengan pertanyaan Bowles dan Gintis (1976), ‘ mengapa dalam suatu masyarakat demokratis, kontak riil pertama seorang individu dengan suatu lembaga formal bersifat sangat anti-demokratis’. Ketika orang memikirkan perubahan pendidikan mereka memikirkan dampak perubahan tersebut pada peserta didik dari sudut pandang keterampilan, sikap dan pekerjaannya di masa yang akan datang, mereka jarang berpikir tentang bagaimana melibatkan mereka dalam kehidupan organisasi (termasuk organisasi sekolah). Kalau pun program semacam itu ada, peserta didik cenderung mengalami resistensi, ‘selama ini mereka memperlakukan kita seperti bayi, sekarang mereka mencoba memperlakukan kita seperti seorang dewasa’. Dari sampel sebesar 3593 siswa, siswa SD, SMP dan SMA masing-masing 41%, 33% dan 25% berpikir gurunya tidak memahami mereka; masing-masing 19%, 16% dan 13% menyatakan mereka ditanya bagaimana atau materi yang harus diajarkan dan masing-masing 29%, 26% dan 50% menyatakan kelas membosankan . Firestone dan Rosenblum (1988) merinci lima faktor yang mempengaruhi komitmen guru dan siswa: (a) kebermaknaan program, (b) keterkaitan dengan lingkungan sekitarnya, (c) kejelasan aturan dan peran guru dan siswa, (d) ekspektasi guru dan siswa dan (e) rasa hormat dan perhatian guru dan siswa. Komitmen guru dan siswa juga dapat diperoleh dari inovasi baru-baru ini tentang pembelajaran kooperatif yang pada prakteknya adalah mengurangi metode ceramah sebanyak 20% (dari 48% menjadi 28% dari total waktu pembelajaran).

Bab 10 menyajikan karakteristik superintenden yang jumlahnya sekitar 95% laki-laki dan yang menangani sistem sekolah yang siswanya bervariasi dari 100 sampai 200.000 siswa dan masa kerja rata-rata 3 tahun (di Amerika) dan 6-7 tahun di Kanada. Review Goldhammer (1977) dari 1954 sampai 1974 menunjukkan pergeseran peran superintenden dari juru bicara dan manajer eksekutif sistem sekolah homogen ke situasi di mana negosiasi dan manajemen konflik berbagai kelompok kepentingan. Studi Duignan (1979) pada delapan superintenden di Alberta menemukan bahwa ‘tiap hari superinintenden terlibat dalam rata-rata 26 diskusi yang merupakan 70% waktu kerjanya; 70% dari diskusi tersebut dilakukan dengan trusti sekolah, pejabat pusat dan administratur sekolah, kurang dari 7% dengan guru dan kurang dari 1% dengan siswa. Studi Fullan dkk. (1987) tentang 200 pejabat supervisi di 26 distrik sekolah (seperempat jumlah di seluruh provinsi) menemukan mereka menekankan sistem (bukan sekolah), serta berpikir reflektif (bukan parsial) dan generalis (bukan spesialis). Studi LaRoque dan Coleman (1989a: 169) menyusun hipotesis etos distrik positif yang ditandai dengan enam fokus (a) pembelajaran, (b) akuntabiltas, (c) perubahan, (d) perhatian pada stakeholder, (e) komitmen bersama dan (f) dukungan komunitas. Atas studi pada lima sekolah (dua diantaranya dikategorikan berhasil), Louis (1989) menyusun diagram karaktersitik hubungan distrik dan sekolah sebagai berikut:

Bab 11 merangkum ke dalam istilah konsultan sejumlah pekerjaan/peran sebagai berikut: ahli materi, kurikulum, program, guru, pengembangan organisasi, agen perubahan, direktur proyek, agen penghubung,dst. Studi Ross dan Reagan (1990) tentang dua belas konsultan kurikulum distrikdi dua sekolah menyimpulkan bahwa ‘ perencanaan sistem, networking dengan tim konsultan dan mengkoordinasikan dukungan atasan adalah kunci konsultan berpengalaman’. Hall dan Hord (1984) menemukan bahwa CF (change facilitator, yang boleh jadi adalah konsuln rq56jasdtan distrik, guru hli dan kadang-kadang wakil kepala sekolah) terlibat dalam interaksi lebih kompleks, dibanding kepala sekolah yang berinterkasi dengan cepat, sederhana dan to the point. Miles dkk. (1988; 188) menyarankan seleksi konsultan didasarkan pada latar belakang pendidikan (broad based); mudah menjalin hubungan interpersonal; keahlian kependidikan, pengalaman kepelatihan, kependidikan dan organisasi sebelumnya, serta inisiatif dan energi.

Bab 12 diawali dengan pernyataan implisit bahwa sekolah itu sebenarnya milik orang tua siswa dan komunitasnya (cf. Gold dan Miles, 1981). Namun, jika guru dan administatur pendidikan yang terlibat masalah pendidikan 40-60 jam per minggunya sulit memahami perubahan pendidikan, maka orang tua dan komunitas lebih sulit lagi memahaminya, padahal secara umum, makin orang tua siswa terlibat makin baik pencapaian belajar siswa (cf. Mortimore dkk., 1988). Menurut Epstein dan Dauber (1988) peran yang mungkin diperankan orang tua siswa adalah (a) sukarelawan, asisten, dst, (b) tutor/ pembimbing di rumah, (c) komunikator dan (d) dewan penasihat. Evaluasi SDC (System Development Corporation) atas 869 sekolah di 369 distrik menetapkan 34 sekolah dengan orang tua siswa asisten bayaran dan 17 sekolah dengan orang tua sebagai tutor dirumah. Survey Becker (1981) terhadap 3700 guru SD dan 600 kepala sekolah menunjukkan sedikitnya keterlibatan orang tua siswa. Survey Kanada tahun 1979 pada 2000 orang tua siswa menunjukkan 63.4% diantaranya tidak bersedia menjadi anggota komite penasihat rumah-sekolah. Studi Lucas, dkk. (1978-79) tentang content analysis notulen komite dari sepuluh SD dan lima SL menunjukkan (a) isu pedagogi jarang dibicarakan, (b) diskusi sifatnya informasi, rekomendasi hanya 4%-nya dan (c) orang tua sebagai inisiator topik diskusi di SD dan SL masing-masing adalah 27.6% dan 17.9%, sementara guru/administrator sebagai inisiator masing-masing adalah 67.2% dan 78%. Studi Schaffarzick (Boyd, 1978: 613) tentang 34 distrik di San Fransisco menunjukkan 62% keputusan kurikulum tidak melibatkan komunitas.

Bab 13 sampai dengan bab 16 -(13) Pemerintah, (14) Persiapan Profesional Guru, (15) Pengembangan Profesional Pendidik dan (15) Masa Depan Perubahan Pendidikan - masuk ke dalam bagian III, yaitu bagian yang membahas tentang perubahan pendidikan pada tingkat regional dan nasional. Bab 13 membahas (a) peran pemerintah federal Amerika dalam dunia pendidikan yang makin menurun, tapi tetap masih signifikan misalnya lewat ‘semboyan’ A Nation at Risk dan (b) –seperti ditekankan Elmore dan McLaughlin (1988)- ketidak-selarasan waktu perumusan kebijakan yang tergantung pada ‘electoral time’ dan implementasi kebijakan yang tergantung pada ‘administrative or practice time’. Sementara itu, di Kanada keberadaan federal dalam dunia pendidikan diakui ‘sepanjang tidak ada seorang pun menamakannya kebijakan pendidikan dan sepanjang tidak ada tuntutan eksplisit sebagai imbalan atas uang dari Ottawa tersebut’. Keterlibatan pemerintah federal di Amerika ada dua jalur (a) Beberapa program yang disponsori pemerintah federal sejak 1965: Title I, Title IV, Basic Skills, Emergency School Aid Act, Follow Through, Title VII, Bureau of Education Handicapped dan Vocational Education dan (b) Riset, Development dan Diseminiasi (RDD) dilembagakan pada periode 1972-1985 dengan pendirian the National Institute of Education (NIE). Tahun 1985, NIE direorganisasi menjadi OERI (the Office of Educational Research and Improvement). Di Kanada, ketidakpuasan pada sistem pendidikan dan lambatnya perubahan pendidikan, pemerintah (bukan hanya menteri pendidikan) melaksanakan reformasi komprehensif dan fundamental. Sebagai contoh British Columbia merencanakan Year 2000: A Curriculum and Assessment Framework for the Future yang mengatur ulang sistem pendidikan dengan 3 prinsip pembelajar dan peserta didik, 12 prinsip kurikulum, 5 prinsip asesmen dan evaluasi serta 3 prinsip pelaporan. Akhirnya, pedoman untuk pemerintah dalam melaksanakan perubahan pendidikan adalah (a) agar memperbaiki kapasitas agensi untuk mengimplementasikan perubahan, (b) menjelaskan dan bekerja sama dengan agensi lokal tentang makna, ekspektasi dan kebutuhannya, (c) fleksibel dalam implementasi, (d) staf diberi kesempatan mengembangkan pengetahuan dan kompetensinya selain memfasilitasi implementasi, (e) menekankan pada perubahan mendasar profesi guru, praktek dan organisasi pembelajaran serta pola dan pengalaman belajar peserta didik dan (f) menerapkan strategi komprehensif, multifaceted, saling terkait, jangka pendekmenengah dan panjang secara persisten (serta tidak meminta perubahan segera dan total dalam waktu singkat).

Dalam bab 14 dicatat bahwa ‘membantu orang lain berubah tanpa kita menyadarinya sendiri sama halnya dengan penyajian produk atau pelayanan yang tidak atau sedikit signifikansinya untuk pertumbuhan intelektual kita’ (Sarason, 1972). Pengembangan guru adalah belajar berkelanjutan dan tidak terpisahkan dari perkembangan sekolah dan dengan demikian lebih baik dari sekedar inovasi-inovasi yang berkesan tidak berkelanjutan selain sama-sama memerlukan biaya,waktu dan tenaga besar. Terdapat 1400-an lembaga pendidikan guru di Amerika dan 50an fakultas pendidikan di Kanada yang didalamnya ditemukan banyak mata kuliah yang tujuannya ‘kompleks dan tidak jelas’. Menurut Hollingsworth (1989) setidaknya ada tiga basis pengetahuan yang diperlukan agar guru efektif (a) materi –isi dan cara pembelajarannya, (b) manajemen umum dan pedagogi instruksional dan (c) ekologi kelas –pengetahuan tentang bagaimana peserta didik belajar, bagaimana mendiagnosa dan mengevaluasi proses dan outcome belajar. Kenyataannya, calon guru yang umumnya menganggap transisi menjadi guru pengalaman besar –atau bahkan traumatik- lebih disibukkan oleh (a) pendidikan yang sifatnya individualistik padahal kenyataan di lapangan memerlukan bukan hanya pendidikan yang invidualistik dan (b) oleh ‘struktur hari sekolah; kurikulum, isi dan materi baku; serta tekanan pada ketertiban, kontrol dan kesibukan peserta didik… [bahwa] tidak ada justifikasi pada tilikan “pengalaman praktis itu perlu” …[maka harap diingat bahwa kata Dewey] keliru mengasumsikan tiap pengalaman mempunyai nilai instrinsik selain mampu untuk membangkitkan kualitas respon tertentu dari seseorang’ (Tabachnick, dkk., 1979-80). Akibatnya, fakultas pendidikan kehilangan baik respektabilitas universitas mau pun efektivitas di lapangan. Diantaranya untuk memberi bekal lebih dan menangani tingkat alih profesi guru ke pekerjaan lain (30% dalam dua tahun pertama, 40-50% dalam tujuh tahun pertama dibanding dengan 6% secara keseluruhan), sejak dua dekade lalu digulirkan program induksi, yaitu suatu program seksama untuk mendukung guru baru. Induksi pada gilirannya memunculkan kesempatan pengembangan profesionalisme baru, yaitu mentoring. Namun, program induksi dan mentoring menghadapi kendala biaya yang mahal. Akhirnya, alternatif pengembangan profesionalisme lainnya adalah sertifikasi alternatif,yaitu sertifikasi yang diberikan oleh praktisi dan mempunyai kecenderungan standarnya disesuaikan dengan kebutuhan employer (pihak yang memperkerjakan guru).

Sebagian besar pembahasan pada bab 15 masih tentang guru. Pertama disajikan beberapa alasan mengapa pengembangan profesional guru tidak berhasil. Selanjutnya, disajikan empat contoh kasus pengembangan profesional yang berhasil. Pengembangan profesional guru tergantung pada motivasi dan kesempatan (dalam arti ketersediaan program dan pengorganisasian secara struktural dan normatif yang memungkinkan berlangsungnya pengembangan profesional). Akhirnya setelah pengembangan profesionalisme administatur dan konsultan disinggung, disajikan saran pengembangan profesional: (a) fakultas pendidikan dan sekolah sebaiknya menggunakan tiga strategi saling terkait –penggantian staf, inovasi program dan produksi pengetahuan, (b) semua staf di lembaga dan pada level mana saja harus belajar, berkoordinasi dan terintegrasi pengembangannya dan (c) semua pengembangan profesional arus memenuhi dua syarat (c1) mengarah ke atribut pengembangan profesional yang berhasil pada sebanyak-banyak aktivitas yang dapat dilaksanakan dan (c2) tujuan akhir pengembangan profesional tidak semata pada mengimplementasikan inovasi tapi untuk menciptakan kebiasaan dan struktur individual dan organisasional yang membuat belajar berkelanjutan bagian berharga dan endemic dari kultur sekolah dan pembelajaran.

Akhirnya, pada bab terakhir, yaitu bab 16 disajikan enam karakteristik perubahan pendidikan di masa depan diantaranya sebagai koreksi/alternatif atas model rasional di mana pihak otoritas perubahan meningkatkan advokasi, legislasi, akuntabilitas, sumber daya, dst. berhadapan dengan pihak penerima perubahan dengan pintu lebih tertutup lagi, resistensi kolektif, isolasionisme, keluar dari dunia pendidikan, dst. Keenam karakteristik tersebut adalah: pergeseran dari politik negatif berupa resistensi dari bawah, indoktrinasi dari atas, dst. menjadi politik positif: (a1) fokus pada prioritas: ‘kita tidak dapat melaksanakan x’ tidak dapat diterima lagi, kecuali dengan alasan ‘karena kita sedang mengerjakan y, z, dst.’. dan (a2) mulai dari lingkungan terdekat. pergeseran dari solusi monolitik/seragam ke solusi-solusi alternatif/ variatif yang bercirikan (b1) sekolah sebagai pusat pembaharuan berkelanjutan, (b2) perubahan yang dilaksanakan dengan proses komunikasi, negosiasi dan kolaborasi, (b3) membangun kapasitas sekolah untuk mampu terus berubah dan (b4) mengurangi atau bahkan meniadakan ketergantungan pada solusi yang ditawarkan pihak lain. pergeseran dari inovasi ke pengembangan kelembagaan, suatu inovasi sering ditujukan untuk menyelesaikan suatu masalah (‘memadamkan kebakaran’) atau sekedar fashion saja, sementara pengembangan kelembagaan berfokus pada peningkatan kinerja dan kapasitas kerja lembaga. pergeseran dari pengembangan profesional individual ke pengembangan profesional interaktif/ aliansi di mana ditekankan akses dan perhatian pada gagasan dan praktek rekan kerja/ lembaga lain. peningkatan apresiasi pada dilemma-dilema pembaharuan: visi jelas vs. pikiran terbuka, inisiatif vs.pemberdayaan, tekanan vs. dukungan, start small vs. thing big, mengharapkan hasil vs. sabar dan persisten, mengalami ketidakpastian vs. merasa puas, top-down vs. bottom up, pola umum vs.keunikan. pergeseran dari model rasional ‘if…then…’ atau, jika gagal ‘if…only …’ ke ‘if I …’ dan/atau ‘If we …’. Diambil dari: Dodi Sukmayadi..2004. Cakrawala Inovasi Pendidikan: Upaya Mencari Model Inovasi (Book Report. Fullan, Michael G. dan Stiegelbauer, Suzanne(1991), 2nd, The New Meaning of Education Change, Teacher College Press, N.Y.). Bandung Program Pasca Sarjana- Universitas Pendidikan Indonesia

247 comments:

1 – 200 of 247   Newer›   Newest»
Anonymous said...

Bikes present only the simple physics of a rider and two wheels" Now visualize a white light extending all about you for 3 toes[url=http://www.nikebrownsnflstore.com/]Trent Richardson Womens Jersey[/url]
and ask God to shield you from evil spirits backing up into you
ï»?It's not dealing using the revision of itemsAbout the AuthorPro NFL Jerseys retailer presents various Cheap Jerseys along with most competitive wholesale price[url=http://www.nikebrownsnflstore.com/]Brandon Weeden Womens Jersey[/url]
the best quality and best aftersale support

Anonymous said...

uggs for sale NetWeiple
uggs on sale NetWeiple
ugg boots for cheap NetWeiple

Anonymous said...

cheap uggs NetWeiple
ugg sale NetWeiple
ugg outlet NetWeiple

Anonymous said...

ugg outlet NetWeiple
uggs sale NetWeiple
uggs on sale NetWeiple

Anonymous said...

linjunxing.tumblr.com NetWeiple
ugg boots for cheap NetWeiple
ugg boots outlet online NetWeiple

Anonymous said...

uggs sale NetWeiple
ugg boots cheap NetWeiple
www.bootsforus.com NetWeiple

Anonymous said...

buy ativan online ativan side effects for children - ativan uses hospital

Anonymous said...

lorazepam 1mg ativan street use - expired ativan side effects

Anonymous said...

buy ativan online ativan dosage muscle relaxant - lorazepam 1 mg vademecum

Anonymous said...

buy tramadol online no prescription cheap tramadol same high as vicodin - boompanjang blogspot buy tramadol online

Anonymous said...

buy tramadol tramadol dosage recommendations - get rid tramadol withdrawal

Anonymous said...

generic klonopin online klonopin withdrawal and weight gain - klonopin just like xanax

Anonymous said...

tramadol online buy tramadol no prescription uk - high on tramadol

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol hcl-acetaminophen zen - tramadol hcl picture

Anonymous said...

order clonazepam klonopin bluelight - happens u overdose klonopin

Anonymous said...

where to buy tramadol online tramadol 50 mg ultram - how to buy tramadol

Anonymous said...

2mg klonopin klonopin withdrawal vision - klonopin withdrawal duration

Anonymous said...

buy lorazepam online buy ativan with no prescription - how to buy ativan no prescription

Anonymous said...

ambien order how do i purchase ambien online with no prescription - ambien controlled substance schedule

Anonymous said...

order klonopin klonopin anxiety wiki - color generic klonopin

Anonymous said...

cheap zolpidem ambien side effects heart palpitations - ambien generic cost at walmart

Anonymous said...

ativan for sale does being high ativan feel like - lorazepam 1mg ativan

Anonymous said...

buy klonopin klonopin dosage cats - klonopin klonopin

Anonymous said...

soma online buy cheap soma online - cheap holidays soma bay

Anonymous said...

ambien canada pharmacy online ambien - ambien side effects xanax

Anonymous said...

buy tramadol with paypal buy tramadol valium online - order tramadol online 100mg

Anonymous said...

buy tramadol next day tramadol hcl 50mg tablet r&s - tramadol high vs hydrocodone

Anonymous said...

tramadol online tramadol online check - buy tramadol 50 mg online

Anonymous said...

buy ambien online no rx price for ambien walmart - ambien online from canada

Anonymous said...

buy soma generic who makes generic soma - buy soma online yahoo answers

Anonymous said...

generic ambien buy ambien cr yellow - ambien generic

Anonymous said...

lorazepam 1mg ativan given intravenously - can a person overdose on ativan

Anonymous said...

buy tramadol online without a prescription tramadol bargain - tramadol addiction 30 pills a day

Anonymous said...

buy tramadol hcl tramadol 50mg yahoo - tramadol addiction buprenorphine

Anonymous said...

purchase tramadol ultram 50 mg online - tramadol hcl vs vicodin

Anonymous said...

ambien medication zolpidem effective ambien - photo of ambien pill

Anonymous said...

buy lorazepam online ativan urban dictionary - ativan erowid

Anonymous said...

order soma buy soma online from usa - soma-online.org

Anonymous said...

zolpidem online ambien benadryl drug interactions - cheap ambien

Anonymous said...

buy tramadol cash on delivery generic tramadol an 627 - tramadol 50 mg how often

Anonymous said...

buy tramadol online can get high tramadol hydrochloride - tramadol hcl xl 150 mg

Anonymous said...

buy klonopin klonopin teva - much 2mg klonopin worth

Anonymous said...

buy tramadol in florida tramadol 50 mg injection - tramadol seizure risk

Anonymous said...

ativan online ativan intensol dosing - buy ativan india

Anonymous said...

online soma buy soma online in florida - street cost of soma

Anonymous said...

tramadol online pharmacy can tramadol hcl 50 mg get you high - zydol sr 100mg tramadol hydrochloride

Anonymous said...

buy klonopin online buy klonopin online canada - klonopin no prescription needed

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol online yahoo - tramadol dosage severe pain dogs

Anonymous said...

generic ambien ambien 10 mg picture - ambien withdrawal seizures

Anonymous said...

tramadol online kandungan tramadol hcl - tramadol dosage women

Anonymous said...

generic ambien ambien 5mg vs 10mg - ambien cr without rx

Anonymous said...

order viagra online without script buy viagra edmonton - buy viagra online with no prescription with overnight delivery

Anonymous said...

buy ambien online ambien side effects sleep eating - is ambien a safe sleeping pill

Anonymous said...

buy klonopin online usual dosage klonopin anxiety - klonopin high dose

Anonymous said...

buy generic tramadol online tramadol hcl for toothache - tramadol dosage maximum dose

Anonymous said...

soma buy soma san diego sidestage - soma hair products

Anonymous said...

ambien online purchase ambien 10 mg peach - ambien online pharmacy

Anonymous said...

buy clonazepam online klonopin online order - klonopin 2mg used

Anonymous said...

tramadol online buy tramadol 100mg online - buy tramadol with cod delivery

Anonymous said...

buy ambien online overnight sleep well herbal ambien - what is ambien high like

Anonymous said...

order viagra online without script order viagra online mastercard - generic viagra dosage

Anonymous said...

clonazepam medication legal buy klonopin online - klonopin 833

Anonymous said...

tramadol online buy tramadol online safely - tramadol 9 panel drug test

Anonymous said...

cheap generic ambien much does generic ambien cost without insurance - ambien jerking movements

Anonymous said...

buy viagra online viagra 29 years old - viagra for women youtube

Anonymous said...

carisoprodol drug buy soma 350mg - soma muscle relaxant overdose

Anonymous said...

buy klonopin day 5 klonopin withdrawal - generic klonopin doesn't work

Anonymous said...

buy viagra online cheap buy viagra online fast delivery - generic viagra review

Anonymous said...

order viagra prescription buy 4 viagra - buy viagra online cheap uk

Anonymous said...

buy ambien online side effects drug ambien - ambien cr website

Anonymous said...

tramadol generic tramadol long term use - tramadol hcl espanol

Anonymous said...

buy viagra order viagra online canada - purchase viagra philippines

Anonymous said...

buy viagra pills online herbal viagra online uk - viagra jello shots

Anonymous said...

viagra for sale buy viagra online pharmacy - viagra online safe

Anonymous said...

soma online purchase soma no prescription - soma positive drug test

Anonymous said...

tramadol 50 tramadol medication no prescription - tramadol withdrawal loperamide

Anonymous said...

sildenafil without prescription buy viagra legally uk - safest online pharmacy viagra

Anonymous said...

cheap sildenafil buy generic viagra online uk - cost generic viagra canada

Anonymous said...

cheap sildenafil buy cheap viagra online india - buy viagra without prescriptions

Anonymous said...

buy viagra online usa buy cheap viagra online canada - cheap viagra melbourne

Anonymous said...

buy viagra order generic viagra canada - do buy viagra online

Anonymous said...

buy viagra online viagra online rip offs - viagra buy usa

Anonymous said...

propecia drug buy propecia costco - propecia young men

Anonymous said...

tramadol online tramadol withdrawal vicodin - co jest tramadol 50mg

Anonymous said...

buy viagra las vegas viagra dosage and instructions - viagra online guide

Anonymous said...

viagra price generic viagra 100mg sildenafil - buy viagra online mastercard

Anonymous said...

buy tramadol online mastercard overnight order tramadol online tennessee - tramadol dosage and dogs

Anonymous said...

propecia pills propecia vs proscar - generic propecia lowest price

Anonymous said...

buy tramadol online buy tramadol overnight delivery no prescription - buy tramadol with cod

Anonymous said...

buy viagra with paypal generic viagra really work - does viagra work after prostate removal

Anonymous said...

order finasteride order propecia - best site to order propecia

Anonymous said...

tramadol online buy tramadol online from usa - tramadol stronger than vicodin

Anonymous said...

buy tramadol cod next day delivery buy tramadol with credit card - buy cheap tramadol no prescription

Anonymous said...

discount propecia cheap propecia online - propecia litigation

Anonymous said...

buy viagra buy viagra sample pack - buy viagra online in usa

Anonymous said...

buy retin-a online retin a cream keratosis pilaris - retin-a micro gel in usa

Anonymous said...

buy propecia online generic propecia online no prescription - where to buy propecia in dubai

Anonymous said...

buy tramadol for dogs buy tramadol online new zealand - tramadol 50 mg veterinary use

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol 450 mg - tramadol buying online legal

Anonymous said...

buy retin-a online retin a micro gel canadian pharmacy - retin a side effects fda

Anonymous said...

buy tramadol free shipping order tramadol cod overnight delivery - ultram tramadol hci

Anonymous said...

buy cheap tramadol tramadol for dogs long term use - tramadol joint swelling

Anonymous said...

buy tramadol cod overnight get over tramadol addiction - tramadol 600mg

Anonymous said...

propecia hair loss propecia coupon merck - propecia generique merck

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol addiction recovery - tramadol xl

Anonymous said...

finasteride 5mg what does generic propecia look like - propecia side effects duration

Anonymous said...

buy strattera strattera cost usa - strattera drug action

Anonymous said...

discount retin-a retin a micro 1 gel review - retin a micro gel vs. tazorac

Anonymous said...

tramadol 50mg tramadol for dogs cost - buy tramadol online florida

Anonymous said...

cheap propecia online cheap propecia with prescription - how much does propecia cost per month

Anonymous said...

buy retin-a online retin-a micro gel wiki - retin a micro gel keratosis pilaris

Anonymous said...

tramadol 50 mg buy tramadol online bluelight - buy tramadol online usa

Anonymous said...

buy tramadol without prescriptions drug study tramadol generic name - tramadol hcl 100mg side effects

Anonymous said...

buy strattera strattera adhd medication adults - strattera atomoxetine hci 40 mg

Anonymous said...

tramadol without prescription buy cheap tramadol no prescription - order tramadol online tennessee

Anonymous said...

buy tramadol where can i purchase tramadol with a mastercard - buy tramadol online visa

Anonymous said...

retin a online retin-a cream long term effects - where to buy retin a cream in australia

Anonymous said...

order tramadol online cod how to purchase tramadol online - tramadol addiction usa

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol dosage for dogs by weight - tramadol purchase online no prescription

Anonymous said...

tramadol online can you buy tramadol over the counter in usa - ultram side effects insomnia

Anonymous said...

tramadol 50mg tramadol quitting - tramadolor 100 mg

Anonymous said...

buy tramadol with mastercard tramadol online health solutions - tramadol 100

Anonymous said...

tramadol online no prescription where can i purchase tramadol with a mastercard - tramadol 50 mg for back pain

Anonymous said...

buy propecia propecia 1mg - propecia results one month

Anonymous said...

tramadol 50mg buy generic tramadol no prescription - tramadol 50mg capsules uses

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol apap 37.5mg high - tramadol 50 mg for ultram

Anonymous said...

buy tramadol buy tramadol cod overnight - tramadol 50 mg vs percocet

Anonymous said...

buy propecia propecia risks - generic propecia 5mg

Anonymous said...

tramadol 50 mg legal order tramadol online - tramadol 50mg dose for dogs

Anonymous said...

propecia drug propecia results women - propecia issues

Anonymous said...

buy propecia online propecia cost in india - where can i buy propecia in australia

Anonymous said...

tramadol online buy tramadol online overnight usa - order tramadol online tennessee

Anonymous said...

viagra online without prescription viagra buy safe - best place buy generic viagra online

Anonymous said...

buy tramadol online cheap tramadol overnight - tramadol for dogs overdose

Anonymous said...

generic cialis buy cialis online prescription - where to buy cheap cialis

Anonymous said...

buy viagra viagra online pharmacy review - where to buy viagra

Anonymous said...

buy generic cialis no prescription cialis 5mg user reviews - buy cialis online generic

Anonymous said...

buy tramadol tramadol dosage uses - tramadol 319 dose

Anonymous said...

generic cialis cialis price at walgreens - cialis online discreet

Anonymous said...

viagra online without prescription order viagra online usa - generic viagra+online pharmacy+no prescription

Anonymous said...

buy tramadol buy tramadol no prescription - tramadol 50mg arrow

Anonymous said...

viagra online without prescription buying viagra in us is it legal - viagra buy online no prescription us

Anonymous said...

generic viagra cheapest generic viagra 100mg - cheap viagra pharma

Anonymous said...

viagra online without prescription viagra online legit - viagra online generic us

Anonymous said...

viagra online without prescription order viagra south africa - generic viagra 4rx

Anonymous said...

buy tadalafil generic cialis approved fda - buy cialis holland

Anonymous said...

cheap viagra online best rated online pharmacy viagra - female viagra buy us

Anonymous said...

cialis no prescription buy cialis in australia - cialis normal dosage

Anonymous said...

cialis tadalafil cialis online aus holland - cialis online legitimate

Anonymous said...

generic viagra buy viagra online to us - does viagra work for women too

Anonymous said...

viagra online without prescription viagra online canadian pharmacy no prescription - buy viagra no prescription us

Anonymous said...

cialis no prescription generic cialis mjy.blogspot.com - buy generic viagra cialis online

Anonymous said...

tadalafil online cialis goes generic - buy cialis in bangkok

Anonymous said...

viagra online does viagra work yahoo answers - best place to buy viagra online generic

Anonymous said...

buy cialis cialis online mastercard - generic cialis at cvs

Anonymous said...

buy soma generic soma 350 mg - soma swimsuit sale

Anonymous said...

viagra no prescription viagra online purchase usa - cheap viagra online overnight shipping

Anonymous said...

buy cialis cialis daily buy - cialis online malaysia

Anonymous said...

cheap soma makes soma pills - buy soma rush

Anonymous said...

soma online pharmacy soma online ticketing - history of soma san diego

Anonymous said...

viagra online generic viagra online cheapest - viagra canadian pharmacy no prescription

Anonymous said...

buy soma soma san diego theater - generic for soma muscle relaxer

Anonymous said...

viagra online common viagra dosage - do buy viagra online

Anonymous said...

buy soma online soma san diego california - soma muscle relaxer for menstrual cramps

Anonymous said...

buy soma online generic soma imprints - buy soma frame

Anonymous said...

buy soma online soma 80s - soma online coupons

Anonymous said...

soma online soma 350 mg addictive - soma quality recordings

Anonymous said...

buy soma online soma tampa - next day soma discount code

Anonymous said...

buy soma online buy generic soma online - buy soma 350 mg

Anonymous said...

order soma soma pain killer muscle relaxer - need to buy soma

Anonymous said...

buy soma online soma san diego owl city - soma-online.org

Anonymous said...

soma medication soma devlet hastanesi online randevu - high off soma pills

Anonymous said...

order soma soma medication 350 - soma 650b frame

Anonymous said...

generic soma soma discount code 2011 - soma san diego employment

Anonymous said...

soma online soma online sale - generic soma d 31

Anonymous said...

buy retin a retin a cream wiki - buy retin a online ireland

Anonymous said...

soma sale mission soma 92101 - soma san diego hours

Anonymous said...

retin a cream buy retin a cream no prescription - retin a micro buy

Anonymous said...

buy discount tramadol buy tramadol ship to florida - tramadol prescription

Anonymous said...

buy retin a retin a micro with moisturizer - buy retin usa

Anonymous said...

tramadol 50mg buy tramadol online from india - tramadol normal dosage

Anonymous said...

tramadol 100 how to buy tramadol online - tramadol ultram addiction

Anonymous said...

buy tramadol ultram tramadol pregnancy - tramadol 50 mg iv

Anonymous said...

buy tramadol order tramadol legally - tramadol dosage body weight

Anonymous said...

order tramadol buy generic ultram no prescription - buy tramadol hcl online

Anonymous said...

buy tramadol 100mg online tramadol for dogs no prescription - tramadol hcl used for depression

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol good withdrawal - tramadol 50 mg long does last

Anonymous said...

cheap tramadol tramadol online doctor - tramadol hcl 50mg buy

Anonymous said...

buy tramadol buy ultram cod - tramadol hcl weight loss

Anonymous said...

buy tramadol rx tramadol er high - tramadol 50mg in dogs

Anonymous said...

tramadol no prescription tramadol dosage with paracetamol - tramadol online inrikes

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol zydus 50 mg - tramadol ultram

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol xr dosage - tramadol for dogs 10 mg

Anonymous said...

generic xanax xanax and alcohol overdose - chewing xanax pills

Anonymous said...

buy xanax 2mg xanax withdrawal blurred vision - xanax drug test how long

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol hcl 30 mg - tramadol for dogs vs people

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol 50 mg vs hydrocodone - tramadol hydrochloride 50mg side effects dogs

Anonymous said...

tramadol no prescription tramadol for dogs cancer - tramadol withdrawal zaps

Anonymous said...

buy tramadol overnight delivery tramadol 50mg tablets ingredients - tramadol addiction rate

Anonymous said...

generic xanax xanax pre employment drug test - generic brands for xanax

«Oldest ‹Older   1 – 200 of 247   Newer› Newest»